IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM BIDANG POLITIK, SOSIAL BUDAYA, EKONOMI DAN HANKAM



Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakat.

Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
    
      
 Yogyakarta, 21 Desember 2018













DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................................ I
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... II
DAFTAR ISI......................................................................................................................... III
BAB I.
PENDAHULUAN................................................................................................................
A.    LATAR BELAKANG MASALAH..................................................................
B.     RUMUSAN MASALAH..................................................................................
C.     TUJUAN............................................................................................................
BAB II.
PEMBAHASAN...................................................................................................................
D.    Implementasi Pancasila dalam Bidang Politik...................................................
E.     Implementasi Pancasila dalam Bidang Ekonomi...............................................
F.      Implementasi Pancasila dalam Bidang Sosial dan Budaya...............................
G.    Implementasi Pancasila dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan Negara......
BAB III.
KESIMPULAN.....................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................................




BAB I
Pendahuluan

A.   Latar Belakang Masalah

Pancasila merupakan ideologi dasar bagi negara Indonesia dan untuk menjadi warega negara yang baik (good citizen) di Indonesia harus sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Hal inilah yang mendasari betapa pentingnya Pancasila sebagai acuan ataupun pedoman tentang bagaimana berperilaku menjadi warga negara yang baik (good citizen) di Indonesia.
Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila akan mengajarkan cara berfikir dan bertindak yang sesuai dengan ideologi negara. Pada zaman modern atau zaman globalisasi seperti sekarang ini, banyaknya pengaruh negatif terhadap suatu negara salah staunya adalah lunturnya nilai-nilai luhur yang melakat disuatu negara, dan inipun yang terjadi di Indonesia saat ini, dengan banyaknya pengaruh gelobalisasi saalah satunya adalah pengaruh dari budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, banyaknya warga negara atau masyarakat yang tidak atau kurangnya memahami betapa pentingnya nilai-nilai Pancasila tersebut dikarenakan pengaruh negaritif gelobalisasi.

Ancaman yang muncul dari pengaruh negatif globalisasi terhadap ideologi suatu negara atau bangsa merupakan suatu ancaman yang besar dan tidak bisa dianggap kecil, dengan begitu mudahnya pengaruh negatif dari luar yang masuk ke Indonesia, perlahan-lahan akan berdampak secara tidak disadari terhadap karakter masyarakat yang tidak sesuai dengan karakter bangsa dan inilah yang sedang terjadi di Indonesia saat ini. Permasalahan tersebut dihawatirkan masyarakat Indonesia akan lupa terhadap jati diri bangsanya sendiri yang menjungjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai bentuk warga negarayang baik (Good Citizen) yang merupakan aplikasi karakter bangsa Indonesia ini sendiri.

Nilai-nilai budaya bangsa tidak dijadikan sumber etika dalam berbangsa dan bernegara oleh sebagian masyarakat hal itu akhirnya melahirkan krisis akhlak dan moral yang berupa ketidakadilan, pelanggaran hukum, dan pelanggaran hak asasi manusia dan kurangnya pemahaman, penghayatan, dan kepercayaan akan keutamaan nilainilai yang terkandung pada setiap sila pancasila dan keterkaitannya satu sama lain, untuk kemudian diamalkan secara konsisten disegala lapis dan bidang kehidupan berbangsa dan bernegara. Berdasarkan peryataan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa betapa pentingnya nilai-nilai yang terkandung pada setiap sila Pancasila sebagi wujud dari karakter bangsa Indonesia itu sendiri yang merupakan cerminan sebagai bentuk warga negara yang baik (Good Citizen), dan ini pun yang akan diterapkan melalui perkakampungan Pancasila sebagai contoh untuk menjadikan upaya pengimplementasian pancasila dalam masyarakat.

B.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka masalah dalam makalah ini dirumuskan sebagai berikut.
1.      Bagaimana Implementasi Pancasila dalam bidang Sosial Budaya di kehidupan bermasyarakat?
2.      Bagaimana Implementasi Pancasila dalam bidang Ekonomi  di kehidupan bermasyarakat?
3.      Bagaimana Implementasi Pancasila dalam bidang Hankam di kehidupan bermasyarakat?
C.   Tujuan
Sesuai dengan rumusan masalah diatas didapatkan tujuan sebagai berikut:
1.      Mengetahui Implementasi Pancasila dalam bidang Sosial Budaya di kehidupan masyarakat
2.      Mengetahui Implementasi Pancasila dalam bidang Ekonomi di kehidupan masyarakat
3.      Mengetahui Implementasi Pancasila dalam bidang Hankam di kehidupan masyarakat



































BAB II
Pembahasan

D.    Implementasi Pancasila dalam Bidang Politik
Pembangunan dan pengembangan bidang politik harus mendasar-kan pada dasar ontologis manusia. Hal ini di dasarkan pada kenyataan objektif bahwa manusia adalah sebagai subjek Negara, oleh karena itu kehidupan politik harus benar-benar merealisasikan tujuan demi harkat dan martabat manusia. Pengembangan politik Negara terutama dalam proses reformasi dewasa ini harus mendasarkan pada moralitas sebagaimana tertuang dalam sila-sila pancasila dam esensinya, sehingga praktek-praktek politik yang menghalalkan segala cara harus segera diakhiri.

E.     Implementasi Pancasila dalam Bidang Ekonomi
Di dalam dunia ilmu ekonomi terdapat istilah yang kuat yang menang, sehingga lazimnya pengembangan ekonomi mengarah pada persaingan bebas dan jarang mementingkan moralitas kemanusiaan. Hal ini tidak sesuai dengan Pancasila yang lebih tertuju kepada ekonomi kerakyatan, yaitu ekonomi yang humanistic yang mendasarkan pada tujuan demi kesejahteraan rakyat secara luas. Pengembangan ekonomi bukan hanya mengejar pertumbuhan saja melainkan demi kemanusiaan, demi kesejahteraan seluruh masyarakat. Maka sistem ekonomi Indonesia mendasarkan atas kekeluargaan seluruh bangsa.

F.     Implementasi Pancasila dalam Bidang Sosial dan Budaya
Dalam pembangunan dan pengembangan aspek sosial budaya hendaknya didasarkan atas sistem nilai yang sesuai dengan nilai-nilai budaya yang dimiliki oleh masyarakat tersebut. Terutama dalam rangka bangsa Indonesia melakukan reformasi di segala bidang dewasa ini. Sebagai anti-klimaks proses reformasi dewasa ini sering kita saksikan adanya stagnasi nilai social budaya dalam masyarakat sehingga tidak mengherankan jikalau di berbagai wilayah Indonesia saat ini terjadi berbagai gejolak yang sangat memprihatinkan antara lain amuk massa yang cenderung anarkis, bentrok antara kelompok masyarakat satu dengan yang lainnya yang muaranya adalah masalah politik. Oleh karena itu dalam pengembangan social budaya pada masa reformasi dewasa ini kita harus mengangkat nilai-nilai yang dimiliki bangsa Indonesia sebagai dasar nilai yaitu nilai-nilai pancasila itu sendiri. Dalam prinsip etika pancasila pada hakikatnya bersifat humanistic, artinya nilai-nilai pancasila mendasarkan pada nilai yang bersumber pada harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang berbudaya.

G.    Implementasi Pancasila dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan Negara
Merupakan suatu masyarakat hukum demi tegaknya hak-hak warga negara maka diperlukan peraturan perundang-undangan negara, baik dalam rangka mengatur ketertiban warga maupun dalam rangka melindungi hak-hak warganya. Menilik kembali kepada tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 dan kehendak dalam mengisi kemerdekaan RI yakni sebagai berikut:
a.       Membentuk suatu pemerintahan Negara Republik Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
b.      Memajukan kesejahteraan umum / bersama
c.       Mencerdaskan kehidupan bangsa
d.      Ikut berperan aktif dan ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berlandaskan kemerdekaan, perdamaian abadi dan kedilan sosial.



































BAB III
KESIMPULAN

Pancasila harus di implementasikan ke dalam norma dan praktik kehidupan berbangsa dan bernegara dengan menjaga konsistensi, relevansi, dan kontekstualisasinya. Sedangkan perubahan dan pembaharuan yang berkesinambungan terjadi apabila ada dinamika internal (self-renewal) dan penyerapan terhadap nilai-nilai asing yang relevan untuk pengembangan dan penggayaan ideologI Pancasila. Muara dari semua upaya perubahan dan pembaharuan dalam mengaktualisasikan nilai Pancasila adalah terjaganya akseptabilitas dan kredibilitas Pancasila oleh warganegara dan wargamasyarakat Indonesia.










DAFTAR PUSTAKA


Tim Penulis. 2012. Pancasila. Jakarta: diktarabalaga
MKD IAIN Sunan Ampel surabaya, pendidikan pancasila. Surabaya: IAIN SA press, 2011
Kaelan. 2004. Pendidikan Pancasila.yogyakarta: paradigma offset
Seminar Nasional Hukum. 2016. Aktualisasi dan Implementasi Nilai-nilai Pacasila dalam Menumbuhkan Kembangkan Karaktter Bangsa. UNNES: Fakultas Hukum
Ade. 2018. Implementasi Pancasila . Yogyakarta: Blogger.com.


link implementasi pancasila  berada di bawa ini!!!
link : https://za.gl/FvYFx4
link : https://za.gl/FvYFx4
link : https://za.gl/FvYFx4
semoga ilmu ini bermanfaaat bagi teman-teman dalam mencari ilmu.


Komentar

Postingan Populer